Usaha peternakan kambing peranakan Etawa atau yang lebih dikenal dengan kambing PE, menjadi salah satu peluang bisnis yang cukup diminati. Sentra peternakan kambing PE terbesar ada di daerah Kaligesing Purworejo, Bantul dan Sleman. Untuk di daerah Sleman sendiri, penghasil susu kambing yang cukup besar berasal dari Nganggring dan Kemiri Kebo yang berada di daerah Girikerto Turi. Ada juga sentra peternakan PE di Jl. Ringroad Pandean Condong Catur.
Selain sebagai penghasil susu, sentra peternakan tersebut  menjadi tujuan para peternak dan calon peternak untuk mendapatkan bibit kambing PE. Usaha peternakan kambing PE memang lebih menguntungkan dibanding dengan kambing lokal atau domba. Hal ini disebabkan karena kambing PE memiliki beberapa nilai ekonomis yang tidak dimiliki kambing jenis lain.
Usia produktif kambing Etawa rata-rata mencapai lima tahun. Sedangkan untuk masa panen kurang lebih 8 bulan, dihitung dari usia bunting 5 bulan dan menyusui selama 3 bulan. Untuk setiap kelahiran, biasanya kambing Etawa beranak sebanyak dua ekor. Dengan demikian, setiap 8 bulan induk dapat kembali melahirkan dan anakan pertama juga akan melalui masa bunting.

Susu Kambing Etawa Laku Mahal di Pasaran

Susu kambing PE dapat menjadi alternatif pengganti susu sapi. Butiran lemak susu kambing PE sangat homogen dan berdiameter mikro sehingga lebih mudah diserap oleh organ pencernaan. Keunggulan ini membuat susu kambing PE dikonsumsi sebagai obat alternatif, bukan hanya sebagai pelengkap gizi. Biasanya masyarakat mengonsumsi susu ini untuk membantu penyembuhan penyakit asma, TBC, eksim, mencegah penuaan dini dan osteoporosis.
Harga jual susu kambing PE jauh lebih menguntungkan, berkisar Rp 15.000,00 hingga Rp 20.000,00 per liter. Sementara harga susu sapi hanya berkisar Rp 5.000,00 per liternya. Kambing PE juga potensial untuk menghasilkan daging. Oleh karenanya, pejantan kambing PE banyak digunakan untuk memperbaiki kualitas kambing pedaging lokal. Hasil perkawinan silang ini menghasilkan ukuran kambing yang lebih besar layaknya kambing PE.
Kotoran kambing PE juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan pupuk organik. Sedangkan kulitnya yang memiliki ukuran lebih besar dari kulit kambing lokal, lebih disukai sebagai bahan kerajinan kulit. Keunggulan kambing PE yang lain adalah sosok dan penampilannya yang layak dijadikan sebagai hewan kontes.
Maraknya kontes kambing PE ini sangat menguntungkan bagi peternak. Biasanya harga kambing PE yang sudah ikut kontes menjadi lebih mahal. Gairah peternak kambing PE ini juga menjadikan sentra peternakan sebagai salah satu tujuan wisata edukasi bagi masyarakat. Di Turi dan Pakem Sleman, beberapa sentra peternakan kambing PE mulai menawarkan fun trip untuk keluarga, kelompok atau sekolah yang berminat dengan wisata edukasi peternakan kambing PE.

Sumber 
Jika Anda adalah seseorang yang bergelut di dunia usaha dan ingin memasarkan produknya secara online maka langkah yang harus Anda lakukan adalah membuat toko online baik secara gratis atau berbayar. Jika Anda adalah perusahaan besar dan sudah mempunyai brand minded maka saya sarankan untuk membuat toko online dengan cara berbayar yaitu mempunyai domain dan webhosting sendiri, hal ini dimaksudkan agar memudahkan Anda ketika  melakukan maintenance atau perbaikan toko online.

Tetapi jika Anda ingin cara yang hemat maka bisa menggunakan subdomain dan webhosting gratis seperti milik Idhostinger. Meskipun ini adalah cara yang gratis kita tetap mempunyai banyak keuntungan yaitu kapasitas yang tidak terbatas, forum yang banyak, dan yang tidak kalah penting adalah tutorial yang banyak juga. Sedangkan kekurangan yang didapat adalah kita tidak bisa mempunyai nama domain sendiri dan kurang leluasa untuk melakukan maintenance terhadap toko online.
Berikut ini adalah berbagai macam content management system (CMS) toko online yang bersifat free dan open source (yang memang benar-benar sebagai platform toko online) yang artinya kita dapat mengunduhnya secara gratis serta dapat melakukan modifikasi (biasanya pada template). Proses instalasi toko online secara garis besar hampir sama ketika kita melakukan instalasi wordpress kedalam webhosting berbayar.  Berikut adalah CMS toko online yang dimaksud:

Cara Membuat Toko Online Menggunakan CMS Open Source Seperti:

1. Prestashop, Buat toko online menggunakan PrestaShop’s free ecommerce software! yang sudah mendukung sistem pembayaran seperti Google Checkout, Authorize.net, Skrill, PayPal dan sudah tersedia modul Bank indonesia seperti BCA, Mandiri, BNI dan lain lain . Jika ingin tahu lebih lanjut mengenai prestashop silahkan kunjungi web resminya. Disini 
Contoh Demo nya Klik disini

prestashop ecommerce cms Cara Membuat Toko Online


2. OsCommerce, adalah sebuah CMS toko online yang free dan open source dilengkapi beberapa fitur antara lain hampir semua sistem pembayaran, order history, shopping carts, full search capability, product reviews, secure transactions, bestseller lists, dan related items. OsCommerce dilengkapi dengan multilingual dan bersifat SEO friendly. Jika ingin lebih tahu mengenai CMS ini maka bisa berkunjung di web resminya. Disini
Contoh tampilanya kira kira Begini, klik disini


oscommerce=cms Cara Membuat Toko Online

3. OXID eSales, Bersifat open source e-commerce system yang siap untuk Business to Consument, Business to Business dan social commerce scenarios. Merupakan Commercial open source shopping cart software. Terintegrasi dengan semua touchpoints seperti webshop, mobile dan point of sale (POS). Fleksibel mengatur standard cart software.
 Akan tetapi kami sendiri belum memiliki review yang lebih banyak mengenai CMS ini

oxid esales ecommerce cms Cara Membuat Toko Online

4. Digistore, CMS ini merupakan pengembangan dari CMS osCommerce dengan pengembangan di front end dan administrator. Platform ini menyediakan sistem penjualan barang secara fisik dan virtual.
  Akan tetapi kami sendiri belum memiliki review yang lebih banyak mengenai CMS ini info lebih lanjut Klik disini
digistore ecommerce cms Cara Membuat Toko Online

5. Zen Cart, dikembangkan oleh sebuah group yang terdiri dari para pemilik toko, programmer, desainer dan konsultan. Meskipun ada banyak CMS toko online tetapi tidak satupun yang bisa mendeketi Zen Cart dari segi features dan tersedianya support.

zencart ecommerce cms Cara Membuat Toko Online

6. Joomla! adalah sebuah CMS yang dapat digunakan untuk membuat toko online secara mudah dan murah (karena kita dapat mengunduhnya secara free). Bersifat open source, user friendly dan mobile ready. ini contoh toko online yang pake joomla

joomla ecommerce cms Cara Membuat Toko Online

7. WordPress, kita dapat menggunakan platform ini untuk membuat sebuah toko online selain biasa kita memanfaatkannya untuk membuat sebuah blog terkenal. Untuk membuat toko online menggunakan wordpress kita memerlukan sebuah plugin yang memang menangani persoalan toko online yaitu WP-Commerce

wordpress ecommerce cms Cara Membuat Toko Online

8. OpenCart, adalah sebuah CMS toko online yang bersifat user friendly dan tentunya open source.Dengan tampilan sederhana tetapi mempunyai kemampuan yang tidak bisa diremehkan. ini yang paling Rdhiezna sukai dan biasa di pakai kalo ada orderan toko online, selain open source atau gratis, modulnya pun gratis dari shipping JNE, payment Bank Local indonesia BCA Mandiri BNI dll, serta terdapat theme gratis yg keren juga di sediakan gratis.. langsung ke TKP disini

opencart ecommerce Cara Membuat Toko Online

9. Virtuemart adalah sebuah sistem e-commerce dan jika ingin menggunakannya maka terlebih dahulu kita harus menginstall joomla (sebagai framework). 
aga ribet sih, tapi apa salahnya di coba info lebih lanjur disini

virtuemart ecommerce Cara Membuat Toko Online

Sekian artikel mengenai cara membuat toko online menggunakan CMS Open source yang dapat disampaikan pada kesempatan kali ini, anda dapat mencoba nya dengan menggunakan akses local host, seperti Xampp . selamat mencoba.
Seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna ponsel pintar maupun komputer tablet di negara Indonesia, belakangan ini banyak pula pelaku usaha di negara kita yang mulai beralih dari bidang e-commerce menuju dunia m-commerce.
Apa itu m-commerce? Yang dimaksud dengan m-commerce atau mobile commerce merupakan perdagangan elektronik yang menggunakan peralatan portable atau mobile seperti misalnya telepon genggam, smartphone, PDA, notebook, tablet, dan lain sebagainya. Banyak yang bilang, mobile commerce merupakan gabungan antara perdagangan elektronik atau ecommerce dengan perangkat mobile, sehingga konsumen tetap bisa melakukan transaksi jual beli dalam lingkungan nirkabel.

Potensi Mobile Commerce di Indonesia

mobile commercesmartphone serta murahnya biaya yang mereka perlukan untuk menjalankan aktivitas transaksi tersebut, mendorong sebagian besar konsumen Indonesia mulai memilih perdagangan elektronik dengan menggunakan perangkat mobile. Bahkan menurut hasil statistik mobile dan tren pasar yang diperoleh dari data survey, saat ini ada sekitar 47% konsumen yang mulai menggunakan ponsel pintar untuk mencari informasi di internet dan sekitar 42% mulai tertarik mengunjungi beberapa situs toko online sebelum akhirnya mereka memutuskan berbelanja di dunia maya.
Dari aktivitas tersebut, diketahui bahwa lebih dari sepertiga konsumen mulai melakukan transaksi pembelian online melalui perangkat mobile minimal satu kali pembelian dalam 6 bulan terakhir. Bila di tahun 2010 silam persentase mobile commerce baru sekitar 3%, di tahun 2012 aktivitas transaksi melalui perangkat mobile mulai mengalami peningkatan hingga 11%. Data ini tentunya menjadi salah satu bukti nyata bahwa kedepannya transaksi jual beli melalui ponsel pintar bakal semakin ramai, dan produk-produk gadget seperti misalnya smartphone dan tablet memiliki peranan yang cukup penting untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis online di negara kita.
Semoga informasi tren mobile commerce mulai menjamahi konsumen ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menjadi salah satu inspirasi bisnis bagi para pemilik toko online di Indonesia untuk mulai menyesuaikan tampilan websitenya agar bisa lebih mobile friendly.
 
Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar kata Bubble Ice/ drink ? Tentunya sebuah sajian minuman yang segar, sehat, dan lezat bukan? Iya, Bubble Ice/ drink merupakan minuman asal Taiwan yang kini ‘gaungnya’ sudah tersebar ke berbagai penjuru dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Sebagai sajian minuman yang banyak digemari, kini Bubbule Ice/ drink hadir dalam bentuk paket investasi yang sangat terjangkau untuk semua kalangan dengan rasa standar dunia, SUPPER BUBBLE Fresh & Healthy Drink.

Perkenalkan kami Super Bubble Fresh & Healthy Drink, merupakan franchise minuman Bubble Ice.Super Bubble Fresh & Healthy Drink berdiri sejak tahun 2008, dengan spesialisasi minuman bubble yg halal, nikmat, sehat, dan menyegarkan sekaligus harganya yang terjangkau, karena semua bahan baku terbuat dari unsur nabati dan tidak ada unsur hewani di dalamnya.
Minuman bubble biasanya hanya bisa kita temui di area-area mall dengan harga rata-rata diatas Rp 10.000/ cup, dan  jikalau kita ingin berinvestasi harganya pun benar-benar selangit. Namun kami Super Bubble Fresh & Healthy Drink menawarkan investasi yang sangat terjangkau, dengan harga jual yang sangat ekonomis. Investasi kemitraan kami tawarkan mulai dari 3,45 jt s/d 8,95 juta. Cukup terjangkau bukan? Tentunya ini sangat cocok bagi calon mitra yang baru memulai usaha, dan tidak ingin banyak mengambil resiko.

Mengapa Harus Memilih Super Bubble Fresh & Healthy Drink?

  1. Investasi yang terjangkau
  2. Belum banyak kompetitor, terutama diluar area mall
  3. Tidak ada royalty fee dan management fee
  4. 100% keuntungan adalah milik mitra
  5. Harga dasar bisa disesuaikan karena berbahan dasar sirup
  6. Kami memiliki 45 varian rasa, terbanyak dikelasnya.
  7. BEP relatif cepat, 2 – 6 bulan saja.
Target Pasar yang Dituju :
  • Area mall
  • Area kampus
  • Area sekolah ( SD, SMP, SMA, dll )
  • Foodcourt / Cafe
  • Tempat lokasi wisata
  • Area bermain futsal
  • Kolam renang
  • Tempat bermain anak-anak

Menu Super Bubble Fresh & Healthy Drink

Menu Super Bubble terdiri dari 48 varian cita rasa syrup ( sugar free ), yang terdiri dari :
Basic Flavour :
  • Orange
  • Strawberry
  • Kiwi
  • Blackcurrant
  • Blewah
  • Peach
  • Avocado
  • Banana
  • Choco Caramel
  • Raspberry
  • Pinneaple
  • Apple
  • Blueberry
  • Blackberry
  • Durian
  • Grape
  • Lemon
  • Coffee Caramel
  • Lychee
  • Mango
  • Melon
  • Nangka
  • Belimbing
  • Pink Guava
  • Markisa
  • Sirsak
Special Flavour :
  • California Peanut
  • Cocopandan
  • Bubble Gum
  • Barley Mint
  • Rose Blue
  • Coconut
  • Cola
  • Black Tea
  • Peppermint
  • Avocado Mix Fruit
  • Tutti Fruity
  • Vanilla
  • American Ice Cream
  • Chrysant Tea
  • Pink Lady
  • Fruit Punch
  • Taro
  • Pine Colada
  • Root Beer
  • Pink Bubble
  • Lemonade
  • Green Tea
Special Flavour + Powder :
  • Chocolate
  • Cappucino
Acuan biaya modal per cup adalah sebagai berikut :
Rp 2.575,- / cup (ukuran gelas 16 oz) .
Adapun rincian biaya modal sebagai berikut :
Modal
Gelas 16 oz ( Rp )
Creamer
350
Syrup
900
Air Gula
250
Bubble
400
Gelas
375
Lain-lain ( sedotan, tutup, es batu )
300
Total
2575
Harga jual rekomendasi dari Super Bubble adalah Rp 5.000 – Rp 7.000, namun bisa diubah sesuai dengan pasar yang dituju dan kondisi lingkungan setempat.

Paket Investasi Super Bubble

  • Paket Gold       : hanya Rp 6.450.000
  • Paket Silver     : hanya Rp 4.950.000,-
  • Paket Hemat    : hanya Rp 3.450.000
  • Paket Bazaar   : Hanya Rp 3.950.000
  • Paket Sepeda   : Hanya Rp 8.450.000
  • Paket Gerobak : Hanya Rp 6.950.000
Biaya pengiriman Jadetabek Rp 100.000

Perlengkapan yang Didapatkan Mitra Super Bubble Fresh & Healthy Drink

Paket Gold
1 unit stand booth / counter
ukuran : 90 cm x 70 cm x 190 cm   ( P X L X T )
1 unit mesin penutup gelas ( sealer )
1 Roll Lid ( 2200 gelas )
1 unit blender Philips (ice crusher)
1 buah shaker stainless
1 buah gelas takar 40 cc
2 buah baskom cuci bubble
2 buah toples tempat powder
1 buah toples tempat sedotan
1 buah toples tempat bubble matang
2 buah sendok bubble dan creamer
1 kotak plastik untuk botol sirup
1 buah ice box plastik
Bahan Baku Awal :
15 botol sirup @ 1/4 liter
2 kg bubble
1 kg creamer sweet
150 pcs gelas
1/2 kg ( 250 pcs ) sedotan khusus bubble
Buku Panduan untuk membuat minuman bubble
5 kg Gula cair
Dengan asumsi :
  • Harga Jual / cup :  Rp 5.000,-
  • Rata-rata hasil penjualan : 25 cup / hari
  • Waktu outlet beroperasi dalam 1 bulan : 25 hari
Maka :Profit   = Rp 1.562.500,

ROI Super Bubble Fresh & Healthy Drink Sepeda dan Gerobak

Harga jual/cup Rp 5.000
Rata – rata penjualan : 50 cup/hari
Waktu operasi 25 hari

Maka : 

Profit   = Rp 3.125.000
(Belum termasuk biaya operasional)
Dengan demikian, BEP dari masing-masing paket investasi :
  • Paket Gold          : kurang lebih 4 bulan
  • Paket Silver        : kurang lebih 3 bulan
  • Paket Hemat        : kurang lebih 2 bulan
  • Paket Sepeda      : 3 bulan
  • Paket Gerobak     : 2,5 bulan
  • Paket Bazaar       : 4 bulan
Silakan memilih paket investasi yang sesuai dengan keuangan yang Anda miliki.
Siapkan tempat / lokasi serta karyawan untuk berdagang.
Selanjutnya biarkan kami yang akan selalu membantu untuk supply bahan dan perlengkapannya.
Paket Produk Super Bubble

Tahapan Kemitraan Super Bubble Fresh & Healthy Drink

  1. Tanda tangan perjanjian kerjasama
  2. Membayar Down Payment 80% dari nilai total investasi
  3. Menunggu proses order maksimum 2 hari kerja
  4. Pembayaran sisa investasi 20% + ongkos kirim ( setelah barang diterima )
  5. Training karyawan di Jakarta atau melalui buku panduan

Galery Foto

1. Menu Super Super Bubble Fresh & Healthy Drink







2. Contoh Gerobak Super Bubble







3. Alat & Bahan Baku Super Bubble




















Untuk info lebih lanjut silakan hubungi langsung pihak franchisor di :
Nama PerusahaanSuper Bubble
AlamatPesanggrahan Mas, Jl.Graha 2 no.75 Petukangan Selatan, Jakarta Selatan 12270.
Contact PersonAdam
Telepon081310186125
021-33750861
Fax
Emailadamsentral@yahoo.com

Menjalankan sebuah bisnis dari rumah, saat ini banyak digeluti untuk meningkatkan pendapatan keluarga. Jika dilakukan dengan baik, bisnis ini dapat menjanjikan keuntungan yang cukup melimpah. Berikut kami sajikan beberapa jenis usaha rumahan yang bisa Anda tekuni:





1. Laundry
Tak bisa dihindari, jasa cuci kering pakaian saat ini semakin menjamur di masyarakat. Berbekal mesin cuci dan perlengkapan mencuci, Anda pun bisa membuka usaha ini dari rumah. Tak perlu bersusah payah mencari pelanggan, dengan spanduk yang terpasang di depan rumah cukup jitu mengabarkan banyak orang untuk tahu tentang keberadaan laundry di rumah Anda.

2. Salon
Anda memiliki bakat dan kemampuan dalam bidang merias wajah, rambut, dan tubuh Bisa jadi membuka salon adalah usaha yang cocok untuk Anda. Selain bisa mengerjakan pekerjaan rumah, Anda pun tak perlu menyewa tempat untuk membuka usaha ini. Keuntungan yang didapat pun juga sebanding dengan apa yang Anda berikan pada pelanggan.
3. Kuliner
Mempunyai keahlian memasak atau membuat kue bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi Anda untuk membuka usaha rumahan. Tak perlu susah-susah untuk memasarkannya, dengan online shop, aktif mengikuti bazar, dan promosi antar tetangga, Anda pun akan mendapatkan banyak pelanggan.

4. Toko online
Tak perlu mempunyai toko, berbekal dagangan dari kerabat dekat atau barang hasil kreasi sendiri, Anda bisa berjualan tanpa memusingkan beaya sewa tempat.





5. Membuka kos
Banyak orang mengaku dengan membuka atau menyewakan kamar yang berlebih sebagai kamar kos, keuntungan pendapatan keluarga mereka semakin berlipat. Hanya berbekal kamar sebagai modal serta tagihan listrik dan air yang tidak seberapa mahal, Anda pun dapat dengan santai menanti kucuran materi tambahan dari pekerjaan tersebut.

6. Les privat
Anda memiliki keahlian khusus yang bisa diberikan kepada orang lain Sebaiknya Anda membuka jasa les privat sesuai bidang keahlian Anda tersebut. Selain bisa semakin mahir dengan bidang tersebut, Anda pun dapat memperoleh penghasilan mandiri. (bn/dari berbagai sumber)
Melakukan bisnis sampingan memang banyak dilakukan oleh beberapa orang yang menginginkan pendapatan lebih. Namun kesibukan yang menyita waktu kerap menghalangi sebagian orang. Menanggapi hal tersebut, menjalankan bisnis sampingan rumahan merupakan ide yang cukup realistis.

Dengan adanya bisnis sampingan rumahan, Anda dapat lebih mudah dalam mengelolanya. Jadi tak akan ada lagi alasan waktu yang tersita. Seperti dikutip dari situswww.marketing.co.id, inilah beberapa ide bisnis sampingan itu antara lain:
Jual koleksi Anda
Mungkin sewaktu kecil Anda suka mengoleksi mainan, boneka, atau semacamnya. Nah, bila sudah tak dipergunakan, tak ada salahnya menjual beberapa koleksi yang sudah tidak pernah Anda gunakan. Untuk menjualnya, Anda bisa membuka garage sale atau melalui situs dan forum jual beli online.
Cuci Steam
Malasnya mencuci kendaraan sendiri membuat bisnis sampingan ini digemari. Untuk memulainya, Anda bisa memanfaatkan halaman yang cukup luas. Hanya dengan modal kompresor dan air, Anda bisa memulai bisnis ini.
Koskosan
Usaha koskosan sering dilakukan oleh mereka yang berlokasi di dekat area kampus atau perkantoran. Anda hanya perlu merombak beberapa ruangan dirumah untuk kemudian dijadikan kamar.
Laundry
Sama halnya dengan koskosan, bisnis sampingan laundry banyak terdapat di area dekat kampus. Bedanya, Anda tidak harus punya rumah yang besar untuk bisa menjalankan bisnis sampingan ini. Tapi Anda perlu modal ekstra untuk membeli mesin cucinya.
Katering
Jika bisa masak berbagai makanan dengan rasa yang enak, Anda bisa mencoba menjalankan bisnis ini.
Jasa keahlian
Memanfaatkan berbagai keahlian seperti reparasi komputer, fotografi, ataupun keahlian lain, akan lebih masuk akal untuk Anda yang kekurangan modal.
Market Research
Di negara barat, market research cukup dikenal luas. Dengan waktu yang fleksibel, Anda dapat bekerja dengan mengatakan pendapat Anda tentang suatu produk atau jasa. Ada pula yang melakukan wawancara via telepon atau door to door. Untuk melakukan bisnis sampingan sebagai market research, mereka biasanya mendaftar di sarosresearch.com.
Iklan blog
Memasuki era digital, banyak orang yang mulai nge-blog. Positifnya, Anda akan mendapatkan uang bila ada yang tertarik beriklan di blog. Tapi tentu saja Anda harus memikirkan arah pasar blog Anda, dengan konten serta desain yang manarik. Bila belum mendapat iklan, Anda bisa mendaftar secara otomatis lewat Google Adsense, atau melalui affiliate programme yang diluncurkan oleh Amazone. (Rdhiezna)
Merupakan salah satu tanaman penghasil umbi, talas atau yang memiliki nama latin Calocasia esculenta L. Schott ini belakangan mulai dimanfaatkan sebagaian besar masyarakat sebagai alternatif bahan pangan pengganti beras. Tak hanya dimanfaatkan sebagai makanan pokok pengganti nasi, sekarang umbi talas mulai diinovasikan menjadi beragam jenis makanan ringan. Mulai dari keripik talas, camilan stik talas, cake talas, talas roll, brownies talas, donat talas, dodol talas, sawut talas, mochi talas, es krim talas, mie talas, dan lain sebagainya.
Selain memiliki tekstur umbi yang hampir mirip dengan singkong, talas ternyata mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Contohnya saja sebagai sumber karbohidrat, protein, lemak, serta mineral dan vitamin seperti kalsium, phosphor, ferrum (besi), Vitamin A, Vitamin B1, dan Vitamin C. Tidaklah heran bila sekarang ini talas mulai diangkat masyarakat sebagai tanaman komoditas pangan yang bisa dikreasikan menjadi beragam jenis makanan ringan bernilai jual tinggi di pasaran.
Tertarik dengan peluang bisnis olahan talas omzetnya terus menetas? Berikut kami informasikan beberapa persiapan serta tips dan trik dalam menjalankan peluang bisnis tersebut.
Konsumen
Saat ini bisa dibilang beragam jenis produk olahan talas digemari hampir seluruh kalangan masyarakat. Citarasanya yang tak kalah lezat dengan hasil olahan tanaman umbi yang lain, menjadikan aneka macam olahan talas banyak dicari para konsumen. Bahkan melihat tingginya kreativitas para pelaku usaha makanan berbahan baku talas, sekarang ini sebagian besar penggemar kudapan talas ini berasal dari kalangan menengah ke atas. Sebab, selain inovasinya terbilang unik, aneka makanan olahan talas juga bermanfaat bagi kesehatan para konsumen.
Info Bisnis
Seiring dengan digencarkannya progam pemerintah untuk mulai mengenalkan tanaman pangan pengganti nasi, popularitas umbi talas pun juga semakin meroket di kalangan masyarakat luas. Bila awalnya hanya kalangan masyarakat pinggiran saja yang mengkonsumsi umbi talas, sekarang ini banyak masyarakat perkotaan yang mulai penasaran dengan olahan umbi talas sehingga tidak heran bila peluang bisnis ini menjanjikan keuntungan yang cukup besar bagi para pelakunya.
Nah, bagi Anda yang ingin merintis bisnis olahan talas. Berikut ini kami informasikan beberapa poin penting yang perlu dipersiapkan.
  1. Poin pertama yang perlu Anda persiapkan adalah menentukan terlebih dahulu produk apa yang akan Anda produksi. Mengingat produk olahan talas cukup beragam, ada baiknya bila Anda menentukan terlebih dahulu produk apa saja yang hendak Anda pasarkan. Sebut saja seperti bisnis keripik talas, camilan stik talas, cake talas, talas roll, brownies talas, donat talas, es krim talas, mie talas, dan lain-lain.
  2. Mempersiapkan konsep bisnis yang ingin dijalankan. Setelah menentukan produk olahan talas yang akan dipasarkan, poin kedua yang harus Anda perhatikan adalah menentukan konsep bisnis yang akan dijalankan. Dalam hal ini Anda bisa memilih memproduksi sendiri produk olahan talas yang akan dipasarkan, atau menjalin kerjasama dengan produsen olahan talas yang membuka peluang kerjasama bagi para reseller yang ingin mendapatkan tambahan penghasilan.
  3. Lengkapi produk Anda dengan kemasan yang menarik. Untuk meningkatkan nilai jual produk Anda, pastikan bila Anda mendukung aneka olahan talas dengan kemasan produk yang relatif cantik, unik, dan menarik. Dengan begitu, konsumen akan melirik produk Anda dibandingkan produk serupa milik para kompetitor.
  4. Selain dilengkapi dengan kemasan produk yang menarik, tambahkan pula produk Anda dengan tanggal kadaluarsa serta izin legal dari BPOM, MUI, ataupun izin PIRT dari Dinas Kesehatan setempat untuk meyakinkan calon konsumen Anda. Poin ini penting agar produk olahan talas yang Anda produksi bisa diterima pasar dengan baik dan bisa menembus pasar modern seperti misalnya supermarket, toko oleh-oleh, swalayan, dan pusat perbelanjaan lainnya.
  5. Dukung dengan strategi pemasaran yang kreatif. Untuk mendatangkan omzet besar setiap bulannya, tentunya Anda harus mulai menyusun strategi pemasaran sekreatif mungkin. Anda bisa memulainya baik dengan strategi pemasaran online maupun offline. Contohnya saja dengan membuka lapak toko online, aktif di sosial media, atau membuka toko oleh-oleh serba talas yang bisa menarik minat para konsumen.

Resep Talas Roll

Bahan:
  • 100 gram tepung terigu protein rendah
  • 50 gram gula pasir
  • 60 gram minyak goreng
  • 50 gram talas, haluskan
  • 25 gram santan kental instan
  • 35 ml air
  • 4 tetes pewarna merah muda
  • 1/4 sendok teh pewarna ungu
  • talas roll cake4 kuning telur
  • 4 putih telur
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh cream of tartar
  • 60 gram gula pasir
  • 100 gram keju cheedar, parut kasar untuk isi
  • 100 gram buttercream
Cara membuat:
  1. Langkah pertama buat pasta talas dengan cara menghancurkan talas hingga halus (gunakan blender), tambahkan santan kental instan, air, pewarna merah muda, dan pewarna ungu. Sisihkan.
  2. Lalu, aduk rata minyak goreng dan adonan pasta talas. Sisihkan.
  3. Ketiga, ayak tepung terigu dan tambahkan gula pasir. Aduk hingga rata.
  4. Tuang sedikit demi sedikit adonan pasta talas ke campuran tepung terigu dan gula pasir. Aduk rata dan tambahkan kuning telur hingga semuanya tercampur rata. Sisihkan.
  5. Kocok putih telur, garam, dan cream of tartar sampai setengah mengembang. Tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil dikocok sampai mengembang.
  6. Tuang hasil kocokan telur tersebut ke tepung terigu dan pasta, sambil diaduk terus secara perlahan.
  7. Tuang ke loyang 30x25x3 cm yang dialas kertas roti tanpa dioles margarin.
  8. Oven 20 menit dengan suhu 180 derajat Celsius sampai matang.
  9. Oles cake dengan buttercream, letakkan keju di salah satu sisinya. Gulung dan padatkan.
  10. Hias roti dan potong untuk 14 orang.
Kelebihan Bisnis
Tanaman talas mempunyai keterkaitan dengan pemanfaatan lingkungan dan penghijauan karena mampu tumbuh di lahan yang agak berair sampai lahan kering. Di Indonesia sendiri daerah penghasil talas dengan kualitas umbi yang cukup unggul, berpusat di Kota Bogor dan juga Daerah Malang. Dengan kapasitas produksi mencapai 30 ton/ hektar, persediaan bahan baku talas di sekitar kita tentunya cukup melimpah, sehingga para pelaku usaha olahan talas tidak kesulitan untuk memenuhi kebutuhan produksi setiap bulannya.
Disamping persediaan bahan bakunya cukup mudah di dapat, umbi talas mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin yang cukup tinggi sehingga cocok dikonsumsi masyarakat sebagai makanan pokok ataupun panganan tambahan. Tidak hanya umbinya saja yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan, pelepah daunnya banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan, obat herbal maupun pembungkus makanan. Bahkan daun, sisa umbi dan kulit umbi dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak dan ikan secara langsung maupun setelah difermentasikan.
Kekurangan Bisnis
Ketatnya persaingan pasar di bisnis kuliner, menjadi salah satu tantangan yang perlu Anda perhatikan dengan baik. Mengingat sekarang ini kreativitas para pelaku usaha sudah sangat beragam, Anda harus berani menawarkan sebuah pembeda agar produk Anda bisa diterima dengan baik oleh para konsumen. Contohnya saja dengan membuat inovasi es krim talas, mie talas, atau membuat aneka macam cake talas yang menawarkan citarasa dan tampilan yang menawan.
Meskipun citarasa umbi talas tak jauh berbeda dengan ketela pohon, namun ketika diolah terkadang umbi talas menimbulkan rasa gatal di lidah para konsumen. Karena itu untuk menghindari resiko buruk tersebut muncul, sebaiknya pastikan talas sudah tercuci dengan bersih dan dikupas terlebih dahulu agar lender pada umbi talas bisa ikut terbuang.

Strategi Pemasaran

stik talasUntuk mendongkrak pemasaran bisnis olahan talas, Anda bisa memulainya dengan memberikan nilai tambah pada produk untuk mempromosikan keberadaan bisnis Anda ke khalayak ramai. Dalam hal ini Anda bisa memberikan nilai tambah berupa varian rasa yang beragam, pilihan toping yang beraneka macam, bentuk produk yang menarik, kemasan produk yang unik, atau bisa juga dari segi pemasaran yang terbilang nyentrik. Dari poin plus tersebut, Anda bisa meningkatkan rasa penasaran para pelanggan dan mendatangkan banyak transaksi pembelian setiap bulannya.
Selanjutnya untuk memperluas jaringan distribusi produk, Anda juga bisa memanfaatkan peran sosial media untuk mempublikasikan keberadaan produk Anda. Manfaatkan website toko online untuk membuka lapak dagang di dunia maya, dan promosikan bisnis toko online Anda di sosial media agar semakin banyak masyarakat umum yang mengetahui keberadaan produk Anda. Semakin aktif Anda mempromosikan produk olahan talas di dunia maya, maka semakin besar pula peluang Anda untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih lebar.
Kunci Sukses
Dalam menjalankan peluang bisnis ini, yang terpenting adalah kreativitas Anda untuk mengolah umbi talas menjadi beragam jenis sajian kuliner. Mengingat sifat talas yang hampir mirip dengan ketela pohon, umbi ini bisa Anda olah menjadi beragam jenis kudapan lezat bila dimasak dengan cara dan ramuan resep yang tepat.
Analisa Ekonomi
Asumsi
Membuat talas roll cake skala rumah tangga

Modal Awal
Oven                                                      Rp 1.500.000,00
Blender                                                   Rp   200.000,00
Peralatan (mangkok, loyang, baskom, dll)                  Rp   500.000,00+
Total modal                                               Rp 2.200.000,00

Peralatan mengalami penyusutan setelah pemakaian 3 th :
1/36 x Rp 2.200.000,00         =          Rp 61.100,00

Biaya operasional per bulan
Bahan baku (@ Rp 300.000,00/ hari x 25 hari)          Rp 7.500.000,00
Kemasan produk                                           Rp 1.000.000,00
Biaya listrik, telepon, dan air                           Rp   800.000,00
Biaya penyusutan alat Rp 61.100,00
Biaya transportasi                                        Rp   500.000,00+
Total pengeluaran per bulan                               Rp 9.861.100,00

Omzet per bulan
Penjualan per bulan :
@ Rp 20.000,00 x 25 kotak x 25 hari             =         Rp 12.500.000,00

Laba bersih per bulan
Rp 12.500.000,00 - Rp 9.861.100,00              =         Rp 2.638.900,00

ROI (Return of Investment)
(Modal awal : laba bersih per bulan)            =         < 1 bulan
Semoga informasi peluang bisnis yang kami angkat pada pekan ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menjadi salah satu inspirasi bisnis bagi Anda para pemula yang sedang bingung mencari peluang usaha. 
Copyright © 2013 Pengusaha Muda Sukses Bersama.