Sate Jamur Tiram Cak Oney Yogyakarta

Awal mula usaha Cak Oney bisa dikatakan sebagai musibah yang membawa berkah. Setelah di-PHK oleh tempatnya bekerja dulu, Cak Oney bersama teman karibnya, Pak Supri yang seorang mantan Chef di hotel terkemuka, akhirnya sepakat untuk membuka usaha kuliner dengan hidangan berbahan jamur tiram.
Setelah lebih kurang dua tahun mencari kombinasi bumbu dan teknik pengolahan yang pas, akhirnya Cak Oney memutuskan untuk memakai resep yang paling disukai orang-orang terdekatnya. Uniknya, sate jamur Cak Oney seringkali dikira sebagai sate ayam karena rasa dan teksturnya yang legit menggugah selera. Tidak hanya lezat, hidangan ini juga memiliki nutrisi yang sangat baik, yaitu kandungan omega yang tinggi dan tanpa kolesterol.
Sate Jamur Cak Oney menggunakan resep rahasia yang dikombinasikan dengan bahan-bahan terbaik pilihan seperti rebusan jamur, dan bawang putih. Untuk melengkapi hidangan ini, sate disajikan dengan bumbu kacang dan kecap Bango. Saat ini, dengan menggunakan jalur promosi modern seperti Facebook, usaha Sate Jamur Cak Oney semakin berkembang. Meskipun saat ini masih berupa usaha rumahan, rata-rata dalam satu hari Cak Oney dapat menjual 1000 tusuk sate, dengan pelanggan dari berbagai wilayah Indonesia seperti Bali bahkan Pekanbaru.

Bahan untuk Sate:
300 gram jamur tiram, dibersihkan, dipotong memanjang

Bumbu yang Dihaluskan:
2 siung bawnag putih panggang
1 siung bawang merah segar
3 biji cabai rawit merah (jumlah tergantung selera)
5 butir merica putih

Bahan Lainnya:
½ sdm Kecap Manis Bango
½ sdm saus tiram
½ sdm kecap ikan
1 sdm mentega
1 buah kuas untuk memoles
10 buah tusukan sate

Cara Membuat:
  1. Panaskan kukusan, kukus jamur hingga agak layu, sisihkan.
  2. Dalam wadah, campurkan semua bahan-bahan bumbu
  3. Tusuk jamur tiram yang sudah dikukus untuk dijadikan sate
  4. Dengan kuas, olesi sate jamur dengan bumbu tadi
  5. Siapkan alat bakaran, bakar sate hingga setengah matang, kemudian olesi kembali bakaran jamur dengan bumbu tadi lalu dibakar lagi sampai kecoklatan dan benar-benar matang. Angkat, dan sisihkan
  6. Lengkapi piring saji dengan irisan kol dan tomat, letakkan sate jamur lalu siram dengan bumbu kacang atau bisa juga menyajikannya dengan sambal kecap.
  7. Tambahkan Kecap Manis Bango sebagai penyempurna cita rasa sate jamur
Sumber

Share to

Facebook Google+ Twitter Digg
Mungkin Ini Juga Yang Anda Cari :

1 comment:

Copyright © 2013 Pengusaha Muda Sukses Bersama.